knowledge / science and technology

Tugas Softskill

Pada dasarnya, di dunia ini terdapat dua tipe manusia, yaitu baik dan jahat. Pada gambar karikatur ini, manusia berhati jahat digambarkan dengan pria yang membawa botol kaca besar berisi cairan merah dan menghadap ke arah belakang sehingga wajahnya tidak nampak jika dilihat dari depan. Sedangkan manusia berhati baik digambarkan oleh si pembuat karikatur dengan adanya sosok pria yang membawa botol kaca besar berisi cairan hitam dan menghadap ke arah depan.

Maksud dari kedua pria tersebut menuangkan cairan yang ada di dalam botol melalui corong ke kepala anak-anak yang sedang berbaris adalah karena pada saat ini generasi muda kita telah dipengaruhi oleh dua hal yang sangat kontras, yaitu kebaikan dan kejahatan. Manusia berhati baik ingin mengajak generasi setelahnya untuk mengikuti jejaknya. Memiliki masa depan yang cerah dan berhati mulia. Begitu pula dengan menusia berhati jahat. Mereka ingin mempunyai “teman” yang bisa dijadikan penerus pemikirannya yang terkadang berada di luar kendali atau tidak sesuai dengan hati nuraninya.

Inilah gambaran fenomena yang terjadi di Indonesia saat ini. Masyarakat yang berada di bawah garis kemiskinan menjerit. Dalam artian, mereka terus mengeluh karena perilaku pemerintah yang tidak mempedulikan nasib mereka. Rakyat kecil tidak sanggup menjalani roda kehidupan dikarenakan harga kebutuhan pokok yang seharusnya bisa menyangga kelangsungan hidup mereka terus membumbung tinggi.

Semakin banyaknya anak terlantar, pengamen, pengemis, dan pengangguran merupakan indikator bahwa bangsa ini sedang berada dalam masa krisis. Balita yang dilahirkan di lingkungan keluarga miskin tidak mempunyai asupan gizi yang cukup. Jangankan untuk membeli susu formula, makan pun ala kadarnya. Adanya program pengkonversian bahan bakar dari minyak tanah ke gas dan penggusuran lahan pertanian untuk proyek bijih besi semakin memperburuk keadaan mereka, terutama yang hidup di Jakarta dikarenakan lebih tingginya biaya hidup di sini dibanding di daerah lain di Indonesia. Tak bisa diterka hingga kapan situasi ini akan terus berlangsung.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s